Samsung Galaxy Ace S5830

31 03 2011

Kali ini saya akan membahas tentang Galaxy Ace, sebenernya ini HP saya sendiri. Jadi mudah-mudahan saya bisa berbagi informasi. Hehe. Seklias Informasi, samsung galaxy ace ini udah berOS android.

Sekarang Android mulai tersebar luas, ga kalah saing nya sama BB. Tapi ya emang masih ngetop BB sih, tapi jujur saya pribadi lebih seneng sama Android, kenapa? Karena android itu selain tampilan nya menarik, banyak fitur-fitur menarik juga yang dapat kita download langsung dari market nya. Dan touchscreen nya juga udah capacitive, jadi cuma bisa disentuh pakai tangan. Ga usah khawatir kepencet-pencet sana sini kalau di masukin ke tas. Emang sih, pemakaian nya full internet, jadi boros pulsa, tapi sekarang kan provider-provider hape udah nyediain paket internet jadi lebih hemat🙂
Denger-denger sih ya, nanti Android, Iphone. mau bikin fitur kayak BBM gtu, jadi kita juga bisa chat kayak di BBM, tanpa harus beli bb nya dulu. Tapi gatau juga sih, saya cuma denger seperti itu.

Khusus nya untuk hape yang galaxy ace, wah. keren banget deh style nya buat anak muda. Harga nya juga ga telalu mahal. Sekitar 2,6 juta waktu saya beli sih. Bentuknya jiplak kayak Iphone 4 gtu. Jadi kalau yang mau beli Iphone tapi ga kesampean, saran saya sih beli ini aja. Tampilan nya juga mirip Iphone gitu, ada fitur juga yang namanya Swype. Keren banget kalo menurut saya sih. Menurut perusahaan pembuat Swype, teknologi ini memungkinkan kita untuk bisa mengetik 40 kata dalam waktu 1 menit sedangkan dengan tombol, paling kita hanya bisa mengetik sekitar 30 kata. Keren kan?😀 Fitur ini juga dapat mebantu kita bagi yang belum terbiasa pake hape layar sentuh, soalnya, pertama pake hape touchscreen pasti kerasanya aneh, ngetik juga banyak salah-salahnya. Pengalaman pribadi (shy). Hape ini juga smartphone, jadi bisa push email, ym, facebook, twitter, dsb. hapei ini juga desain nya tipis. Cukup mudah buat di selip dikantong😀

Dengan harga yang segitu udah cukup murah menurut saya dengan spek nya: kecepatan prosesor udah 800 MHz tergolong tinggi untuk kecepatan rata-rata device android di kelas menengah. Ponsel ini secara default terpasang Android versi 2.2.1 (Froyo dengan update terbaru) yang tentunya semakin membuat performa ponsel ini lebih manteb. Ditambah lagi dengan adanya GPU Adreno 200 yang menangani proses-proses yang berkaitan dengan grafis dan game, menjadikan prosesor tidak terbebani saat menjalankan game.

Konektivitasnya adalah jaringan 3G HSDPA, Bluetooth 2.1 & dukungan Wi-Fi yg sanggup untuk melakukan Wi-Fi Tethering jadi kita bisa nyebarin koneksi 3G nya ke perangkat lain melalui wifi. O.o

Pada Android Froyo ini Samsung memakai User Interface TouchWiz 3.0. Soal display, layar ponsel ini memiliki 16 juta warna dengan capacitive (seperti yang sudah saya bahas di awal) touchscreen sebesar 3,5″ yg responsif serta mendukung multi-touch dan kinetic scrolling. Resolusi yg dimiliki tergolong rendah yakni HVGA (320×480), namun resolusi tersebut masih enak untuk dilihat di layar 3,5″. Malah hal tersebut merupakan suatu keuntungan karena dengan resolusi optimal yang sesuai ukuran layar. Untuk soal kejernihan gambar, ponsel ini tidak mengusung teknologi khusus seperti AMOLED yang ada pada Samsung Galaxy S, sehingga gambar yg nampak tidak terlalu istimewa.

Dari segi kamera juga udah 5MP lho. Di dukung flash juga. Terus ada fitur juga yang ngedukung kita supaya ngedit-ngedit poto dari hape. Kayak kamera digital aja gtu *Apasih* .

Baterai yg digunakan adalah Lithium Ion 1350 mAh, kalo penggunaan normal sih ya sehari sampe 1 setengah hari juga cukup. Kalo saya sih di pake buat smsan, telpon-telponan terus-terusan. Jadi makin boros, setiap hari pasti saya ngecas sekali. Tapi dimaklumin lah. Karena spesifikasi yang tinggi pada biasanya menuntut penggunaan daya yang tinggi pula.

Tapi yang namanya buatan manusia ya, pasti ada kekurangan, ada kelebihan nya juga.

Untuk hape ini, kelebihan nya

+ Sudah Froyo 2.2.1, (cukup terbaru)
+ 3,5″ capacitve touchscreen yang sensitif (manteb buat hape touchscreen)
+ Dukungan multitouch dan kinetik scrolling pada layar
+ 5 mPx camera & light flash
+ Pengaturan kamera lengkap
+ 800 MHz processor (mayan ngebut)
+ Flagship / produk unggulan Samsung di kelas menengah
+ Support input text dengan metode Swype
+ Memiliki GPU (Adreno 200), pemrosesan grafis terpisah dari prosesor
+ Bentuk stylish walau copycat iPhone 4.
+ Ada feedbacknya, jadi klo kita sentuh hape itu, nanti dia sentuh tangan kita balik :p

kekurangan nya:

– RAM 384? (terbaca 278)
– Sisa free space awal memori internal 158 MB
– Baterai cuma 1350 mAh (boros)
– Prosesor belum support flash (dialami hampir semua android kelas menegah saat ini) (bukan flash camera lho, tapi flash yang kyk di komp :D)
– Tidak ada tombol khusus kamera

 

Sedikit tips dan trik dari saya:

Kalau pengen skrinsut layar kita. Pencet tombol back, sama menu bebarengan. Drrttt, nanti hapenya langsung geter, selesai deh. Nanti masuk aja ke gallery, ada folder sendiri, namanya “Screen Capture”😀

microSD Class yang sebaiknya dipakai:
-Class 2, 4, 6, 8, 10 itu menunjukkan kecepatan minimal dalam transfer data.
Misalnya class 6 itu berarti 6 MB/s, itu kecepatan minimal, bisa jadi microSD class 6 tapi mencapai 12 MB/s.
-Sebaiknya memakai class 6 kalau pengen melakukan flashing ROM nanti kedepannya, karena akses dari SD Card ke memori internal saat flashing membutuhkan kecepatan yang terjaga dan tidak lambat.

Oh iya, setiap tipe hape juga punya secret code nya, samsung juga ada. Nih:

*#*#4636#*#* phone information
*2767*3855# hard reset*
*#*#7780#*#* factory reset**
*#*#7594#*#* change end call/power option
*#*#197328640#*#* service mode
*#*#273283*255*663282*#*#* file copy screen (backup media files)
*#*#526#*#* wlan test
*#*#232338#*#* shows wifi mac address
*#*#1472365#*#* gps test
*#*#1575#*#* another gps test
*#*#232331#*#* bluetooth test
*#*#232337#*# shows bluetooth device address
*#*#8255#*#* gtalk service monitor

codes to launch various factory tests:
*#*#0283#*#* packet loopback
*#*#0*#*#* lcd test
*#*#0673#*#* melody test
*#*#0842#*#* device test (vibration test and backlight test)
*#*#2663#*#* touch screen version
*#*#2664#*#* touch screen test
*#*#0588#*#* proximity sensor test
*#*#3264#*#* ram version

codes to get firmware version information:
*#*#4986*2650468#*#* pda, phone, h/w, rfcalldate
*#*#1234#*#* pda and phone
*#*#1111#*#* fta sw version
*#*#2222#*#* fta hw version
*#*#44336#*#* pda, phone, csc, build time, changelist number

note:
hard reset menghapus semua files & settings di internal memory, atau sama dengan memformat ulang firmwarenya warning! Kalo udah pencet ini langsung hardreset, ngga ada pilihan cancel. Jadi hati-hati ya.
factory reset hanya menghapus account, system & aplikasi setting.

Nih fitur recommend:

Untuk game, mending angry bird deh, enak. ga pake pulsa lagi maen nya. jadi kita tuh disruh ngancurin babi-babi gitu. Seru lah, susah di deskripsikan oleh kata-kata.

Compass, jadi kita kayak punya compass gitu. Bisa di bawa kemana-mana lewat hape kita😀

Ringroid, gunanya buat motong-motong lagu gitu.

Opera mini, nanti jatoh nya lebih murah klo pke opera ini daripada pke browser bawaan nya.

Ebuddy, aplikasi instan messaging yang komplit, dari fb, ym, gtalk juga ada. lebih murah juga. Daripada YM yang emang di khususin utk android.

Picsay Photo Editor, buat ngedit-edit poto. Cukup lengkap.

Untuk fitur2 lain nya cari sendiri aja deh di market nya, menurut saya sih bagus semua. Kalo emang ga suka mendingan di uninstall aja. Sayang-sayang memory card nya. hehe.

 

 

Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: